Senin, 30 Januari 2017

Cara Make Up Ala Ulzzang

Ulzzang’s Make Up Inspired

Secara harfiah, ulzzang berarti “wajah terbaik” (penampilan terbaik) dalam bahasa Korea. Akan tetapi, dalam budaya populer istilah tersebut kini lebih mengacu pada gaya atau tren dari Korea Selatan. Pada awalnya, istilah tersebut mengacu pada model fesyen Korean yang memiliki mata yang besar, bibir yang tipis, hidung yang mancung, serta warna kulit seputih susu. Kontes-kontes foto yang diadakan oleh situs Cyworld mengangkat status popularitas ulzzang, dimana para pendukung memberikan suara mereka untuk foto-foto ulzzang yang dikonteskan.
baek su min
Pada artikel ini akan dijelaskan dasar-dasar riasan mata, bibir dan rambut (untuk wanita) yang sesuai untuk gaya ulzzang. Setelah itu, kamu bisa mencoba memperlihatkan pada orang-orang penampilan ulzzang-mu melalui media sosial.
Let’s Start!
Base Makeup
Bisa kita lihat, Ulzzang memiliki wajah yang flawles, mulus seperti porselen. Oleh karena itu, gunakanlah primer lalu disusul dengan foundation. Jika foundation dirasa terlalu berat, gunakanlah BB Cream. Carilah warna yang sesuai dengan kulit agar tidak terlihat seperti memakai topeng.
Pastikan menutup noda pada wajah secara sempurna dengan concealer. Ingat, jangan terlalu mate atau cakey, karena Ulzzang memiliki wajah fresh bahkan sedikit glowy (atau dewy).
Mata
1. Cobalah gunakan lensa kotak.
Untuk memberikan kesan kecantikan ulzzang, tidak perlu memiliki mata yang besar. Dengan menggunakan lensa kotak, mata akan nampak lebih besar. Maka, gunakanlah lensa yang berdiameter lebih besar dari pada diameter lensa mata. Disarankan untuk memilih warna lensa coklat agar tampak lebih alami.
  • Sebelum menggunakan lensa kontak khusus tatarias, terlebih dahulu tanyakan pada orang tua dan konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan lensa kontak. Lensa kontak tidak dapat sembarangan digunakan, terutama apabila menderita astigmatisma (silindris) atau masalah-masalah lainnya terkait penglihatan. Sebagai alternatif, untuk menciptakan kesan mata yang besar dapat menggunakan riasan.
2. Gunakan eyeshadow dengan warna natural.
Sangat disarankan untuk menggunakan perona mata warna putih atau beige(krem) pada kelopak mata. Hal ini dimaksudkan agar riasan mata Anda nampak cocok dengan pakaian jenis apapun yang akan Anda kenakan. Gunakan perona mata dengan warna-warna natural daripada warna-warna lainnya yang nampak kontras, seperti merah atau biru.
3. Bubuhkan segaris tipis eyeliner.
Dipadukan dengan penggunaan lensa kontak, eyeliner dapat mempertegas garis mata Anda sehingga membuat mata Anda nampak lebih besar.
Jika tidak mau menggunakan eyeliner, kamu bisa menggantinya dengan eyeshadow seperti di bawah ini.
IMG_20141124_155551
3. Aplikasikan maskara pada ujung bulu mata.
Atau juga dapat menggunakan bulu mata palsu, namun pastikan bulu mata  tidak tampak terlalu tebal. Gaya ulzzang dikenal dengan penggunaan riasan natural. Oleh karena itu, pastikan bulu matanya tidak nampak tebal dan padat.
Beberapa Ulzzang juga mengenakan bulu mata palsu pada mata bagian bawah, tetapi hanya ‘potongan-potongan’nya saja. *tutorialnya ada di Youtube*
4. Ciptakan Aegyo Sal (tearbag)
Pengertian aegyo sal atau tearbag dapat dicari pada mesin pencari. Ketika sudah paham, berikut cara membuat aegyo sal.
tumblr_nkkmo4gDki1uoba9yo3_500
Alis
Masyarakat Korea, termasuk selebriti dan Ulzzang biasanya memiliki alis yang lurus tegas (tidak melengkung) atau sedikit berbentuk segitiga. Cara membentuk alis seperti itu dijelaskan oleh gambar berikut:
tumblr_nj3u042Y4M1s0xhs5o1_540
Pipi
Gunakan blush on yang berwarna alami, seperti pink, oranye, dan peach. Untuk cara pengaplikasiannya disesuakan dengan bentuk wajah. search di google/youtube
Bibir
Rata-rata, Ulzzang menggunakan riasan gradient lips.IMG_20141124_155614
Pertama-tama, gunakan lipstik nude atau concealer.
Lalu sapukan sedikit liptint di bibir bagian bawah tengah.
Setelah itu ratakan (seperti di gambar) dan terakhir gunakan lipgloss transparan.
Atau, jika tidak dengan gradient lips, kamu bisa gunakan lipstik dengan warna natural (seperti pink dan oranye) dan jangan terlalu tebal. Penggunaan warna-warna natural dimaksudkan untuk menonjolkan kecantikan alami.
Shading
Untuk shading, ada yang berbentuk krim, powder dan lainnya. Shading dan Bronzer digunakan untuk kesan wajah yang lebih tirus dan tegas. Contohnya untuk bagian hidung dan v-line. Shading disesuaikan dengan bentuk wajah. search di google/youtube.

Rambut
Kamu bisa mewarnai rambutmu, namun jangan terlalu mencolok. Warna coklat gelap lebih tepat. Untuk gayanya, bentuklah dengan manis dan terkesan sederhana. Berikut adalah contohnya.
IMG_20140914_112144 IMG_20140917_165646tumblr_n99o3vWk6t1qi3cxbo1_500Agar lebih jelas, kamu bisa menonton video ulzzang make up tutorial,seperti Nanda Arsyinta dan ada banyak sekali di Youtube. Atau kamu bisa mencari potongan gambar tutorialnya di Tumbrl.

Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar